Rabu, 11 Juni 2014

Sedikit tentang Nisfu Sya'ban

NISFU artinya pertengahan, maka malam Nisfu Sya’ban artinya malam pertengahan bulan Sya’ban. Kalau dirujuk kepada kalender Hijriyah, maka malam itu jatuh pada tanggal 14 Sya’ban karena pergantian tanggal sesuai penanggalan Hilaliyah atau yang meggunakan patokan rembulan adalah saat matahari terbenam atau  malam tiba. Maka malam Nissfu Sya’ban tahun ini jatuh pada tanggal 12 Juni 2014 yang bertepatan dengan hari Kamis malam Jum’at.

Banyak amalan sunnah yang bisa kita kerjakan pada saat malam Nisfu Sya’ban (selain berpuasa pada sebagian besar hari di bulan sya’ban). Diantaranya adalah :
1.      Memperbanyak membaca sholawat kepada Nabi Muhammad beserta keluarganya.
2.   Ziarah ke makam leluhur (orang tua) kita yang sudah wafat dengan maksud mendoakan yang telah wafat dan tafakkur tentang kematian.
3.      Menghidupkan malam dengan berzikir kepada Alloh dan memperbanyak istighfar.
4.  Shalat sunnah mutlak 2 rakaan sehabis shalat Isya’ dengan membaca surat Al-Fatihah dan Al-Kafirun pada rakaat pertama serta Al-Fatihah dan Al-Ikhlas pada rakaat kedua.
5.      Melakukan 2 rakaat shalat taubat, shalat tasbih, dan shalat hajat.
6.      Membaca surat yasin 3 kali.
7.      Memanjatkan do’a nisfu sya’ban.
8.      Dan melakukan puasa sunnah pada siang hari. (tidak hanya pada tgl 15 sya’ban) tetapi juga pada beberapa hari pada belan sya’ban.
Mari kita mendekatkan diri kepada Alloh dan menyambut bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi akan datang menyapa kita. Mari kita sucikan diri kita dari hal-hal yang kotor. Dan mari kita sambut bulan suci ramadhan dengan suka cita dan beberapa amalan yang baik. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar