Selasa, 24 April 2012

Proposal Beasiswa

Perihal : Bantuan Dana Perkuliahan
              Program Strata Satu (S1)

Kepada
Yth. Bupati Banyuwangi
di  Banyuwangi
           
            Assalamu’alikum Wr. Wb.
            Teriring do’a semoga Bapak Abdullah Azwar Anas dalam keadaan sehat wal’afiat dan tetap berada di jalan yang diridloi Allah SWT dalam menjalankan tugas sebagai Bupati Kabupaten Banyuwangi.
            Dengan ini saya yang bernama Ahmad Ainun Najib memberitahukan bahwa saya merupakan mahasiswa semester tiga program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember yang diterima menjadi mahasiswa di program studi tersebut melalui jalur SNMPTN 2010 dan merupakan anak dari keluarga yang KURANG MAMPU.
            Guna kelancaran dalam menempuh proses perkuliahan program strata satu (S1) di Universitas Jember, dengan ini saya mengajukan proposal
bantuan dana selama pendidikan selama satu tahun ke depan. Adapun jumlah dana yang dibutuhkan selama 4 semester dari semester 5-8 (diharapkan berasal dari PEMDA Kabupaten Banyuwangi)  adalah sebesar Rp 14.610.000,00 (Empat belas juta enam ratus sepuluh ribu rupiah). Rincian dana terlampir.
            Demikian surat permohonan bantuan dana pendidikan program strata satu S1 ini saya buat, atas bantuan dan persetujuan yang Bapak berikan saya ucapkan terima kasih.
            Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
                                                                                                       Jember, 16 April 2012


                                                                    AHMAD AINUN NAJIB
                                                           


PROPOSAL BANTUAN DANA
PROGRAM PENDIDIKAN STRATA SATU (S1)

I. Pendahuluan
            Alhamdulillah, ucapan rasa syukur saya kepada Allah swt, yang telah membukakan jalan kepada saya untuk dapat melanjutkan pendidikan di Universitas Negeri Jember. Rasa syukur yang saya pahami adalah mampu memanfaatkan sesuatu yang dianugrahkan Allah SWT menurut kehendak-Nya. Agar sesuatu yang baik akan menjadi lebih baik lagi bagi yang mensyukurinya, terutama dari segi hakekat, nilai, wujud, dan manfaatnya dimasa yang akan datang.
            Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, mutu tenaga pendidik merupakan hal yang sangat penting yang tidak boleh ditinggalkan. Untuk mewujudkannya perlu diberi pendidikan yang layak serta setara dengan perkembangan zaman dengan tidak memandang tingkat ekonomi masyarakat. Disini semua Warga Negara Indonesia berhak mendapatkan pendidikan yang memadai sesuai dengan amanat UUD 1945.
            Tidak berlebihan jika anak dari seorang keluarga yang kurang mampu menginginkan pendidikan tinggi yang layak. Dengan demikian,  diharapkan ia bisa menikmati haknya sebagai Warga Negara Indonesia dalam mendapatkan pendidikan yang layak.

II. Dasar Hukum
1.    Setiap orang bebas memilih pendidikan dan pengajaran (UUD 1945 Pasal 28E ayat (1))
2.    Setiap warga Nagara berhak mendapatkan pendidikan (UUD 1945 Pasal 31 ayat (1))
3.    Mendapatkan beasiswa bagi yang berprestasi yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya;. Mendapatkan biaya pendidikan bagi mereka yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya (pasal 9 UU Nomor 20 tahun 2003)
III. Motivasi
            Motivasi yang memberanikan saya mengambil keputusan mengikuti kuliah tersebut adalah :
1.      Dorongan dari nilai keislaman yang saya serap dari pemahaman alqur’an bahwa nasib seseorang ditentukan oleh pribadi yang bersangkutan , dan Allah sangat mencintai hambanya yang bekerja keras dan berjuang dalam menuntut ilmu,serta membebaskan dari segala bentuk kezhaliman.
2.      terbukanya peluang yang mendorong saya untuk mensyukurinya. Jika tidak saya takut menjadi hamba yang kufur yang dapat lebih menyengsarakan hidup dimasa yang akan datang.
3.      mengingat biaya yang dikeluarkan semakin meningkat , yang menjadi beban pikiran bagaimana cara menutupinya.

III. Tujuan
            Tujuan saya mengajukan proposal ini kepada bapak bertujuan sebagai berikut :
1.    Agar  saya dapat melaksanakan perkuliahan dengan sebaik-baiknya serta mendorong saya untuk dapat melakukan yang terbaik.
2.    Menghindari kemungkinan alternatif lain yang dapat menyita pemikiran, waktu dan tenaga untuk memenuhinya.
3.    Waktu senggang perkuliahan rencananya saya gunakan untuk meningkatkan pengetahuan keislaman dan pengetahuan umum saya.

IV. Anggaran Dana
            Dana yang dibutuhkan selama perkuliahan antara lain :
  1. Pembayaran biaya SPP
  2. Biaya penelitian
  3. Pengembangan karya tulis ilmiyah
  4. Biaya akomodasi
  5. Pembelian buku referensi
  6. Biaya tugas perkuliahan
  7. Transportasi
  8. Pembelian peralatan perkuliahan
  9. Biaya pembuatan tugas akhir
  10. Biaya seminar dan wisuda

V. Penutup
            Sebagai pertimbangan Bapak, dengan ini saya lampirkan :
1.      Surat keterangan aktif kuliah
2.      Curriculum vitae
3.      Foto kopi transkrip/LHS semester satu s.d tiga
4.      Foto kopi Kartu Keluarga
5.      Surat keterangan tidak mampu
6.      Foto kopi KTP
7.      Foto kopi Kartu Tanda Mahasiswa
8.      Foto kopi sertifikat-sertifikat
            Demikianlah proposal bantuan dana ini saya buat dengan harapan dapatlah kirannya Bapak mengabulkan bantuan yang saya butuhkan sebagaimana tercantum dalam proposal ini. Atas bantuan yang Bapak berikan saya sampaikan terimakasih.
                                                                                                       Jember, 16 April 2012


                                                                   AHMAD AINUN NAJIB

RENCANA ANGGARAN BELANJA
PROGRAM STRATA SATU (S1) DI
UNIVIRSITAS JEMBER

Berikut adalah rincian anggaran dana perkuliahan selama masa studi.
NO.
KEBUTUHAN
KET.
HARGA
JUMLAH
1
Pembayaran biaya SPP
4 smt
Rp
600.000
Rp
2.400.000
2
Biaya penelitian



Rp
1.500.000
3
Pengembangan karya ilmiyah



Rp
750.000
4
Biaya akomodasi
2 x 30 hr x 24 bl
Rp
4.000
Rp
5.760.000
5
Pembelian buku referensi
4 smt
Rp
300.000
Rp
1.200.000
6
Biaya tugas perkuliahan
4 smt
Rp
75.000
Rp
300.000
7
Transportasi



Rp
500.000
8
Pembelian peralatan kuliah
4 smt
Rp
50.000
Rp
200.000
9
Biaya pembuatan tugas akhir
smt akhir


Rp
1.000.000
10
Biaya seminar dan wisuda
smt akhir


Rp
1.000.000

Jumlah



Rp
14.610.000

Jumlah anggaran belanja tersebut adalah Rp 14.610.000,00 (Empat belas juta enam ratus sepuluh ribu rupiah).

7 komentar:

  1. Semoga setelah ini saya mengikuti jejak tuk dapetin beasiswa seperti anda yang sudah berbaik hati mengedarkan contoh proposal beasiswa pemda banyuwangi ini..
    matur thank you dulur..

    BalasHapus
  2. waktu itu dapat ngak mas

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas contohnya mas..tpi smean dpt gak?tlog dblz ya soalnya saya thhn 2013 mngjukan gk dpat.

    BalasHapus
  4. minta file proposalnya dong, tolong kirim ke : tokoholala@gmail.com

    BalasHapus
  5. buat transkip nilai selama berapa semester?

    BalasHapus
  6. terima kasih mas. semoga barakah. izin copas

    BalasHapus